Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kejaksaaan Agung Kekurangan 11.185 Jaksa, Buka Banyak Formasi CPNS 2021

CPNS.INFO - Kejaksaan Agung membuka banyak formasi jabatan Jaksa pada CPNS 2021. Kejaksaan Agung mengusulkan untuk merekrut 1000 analis penuntutan atau calon Jaksa di CPNS 2021-2022. Hal tersebut tertuang dalam Nota Dinas Nomor B-138/C/Cp-2/1/2021 yang dikeluarkan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan tertanggal 29 Januari 2021. Nota dinas itu sempat tersebar dari grup-grup whatsapp.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Leonarda Eben Ezer Simanjuntak, membenarkan nota dinas tersebut adalah usul kebutuhan formasi ASN Tahun Anggaran 2021/2022 kepada Jaksa Agung.

"Benar Nodis tersebut adalah dokumen usulan yang berdasarkan analisa jabatan, analisa beban kerja dan kebutuhan pegawai, nanti kemudian masih harus mendapatkan persetujuan dari Jaksa Agung dan selanjutnya persetujuan dari MenPAN RB. Oleh karena itu Nodis tersebut belum dapat dijadikan acuan dan belum final," ujar Leonarda.

Kendati belum dapat dijadikan acuan, setidaknya ini dapat dijadikan informasi awal bagi para Sarjana Hukum yang berminat jadi calon Jaksa.

Dalam nota dinas tersebut terlihat Kejaksaan Agung mengusulkan 1000 analis penuntutan atau calon jaksa untuk direkrut lewat CPNS 2021. Angka 1000 calon Jaksa baru untuk 2021 tampaknya termasuk angka yang kecil. Sebab, masih berdasarkan nota dinas tersebut, disebut bahwa sesuai dengan analisa beban kerja, Kejaksaan Agung dinilai kekurangan 11.185 jaksa.

Selain calon Jaksa, formasi jabatan lain di Kejaksaan yang diusulkan cukup banyak adalah pengawal tahanan dan pengadministrasi penanganan tahanan yang direkrut dari lulusa sekolah menengah.

Untuk pengawal tahanan, jumlah formasi yang diusulkan adalah sebanyak 494. Sedangkan pengadministrasi penanganan tahanan diusulkan sebanyak 494. Formasi jabatan lain yang juga banyak diusulkan oleh Kejaksaan Agung adalah pranata barang bukti sebanyak 527.

Selanjutnya ada formasi pengolah data pekara dan putusan sebanyak 495. Berikutnya arsiparis pelaksana/terampil sebanyak 129. Lalu pengolah data intelijen sebanyak 431, Analisa forensik digital sebanyak 140, Sekretaris diusulkan untuk direkrut sebanyak 140. Lalu pengolah pengaduan publik sebanyak 140

Nah, tapi pembaca harus ingat bahwa ini baru usulan dan masih bisa berubah. Para peminat CPNS Kejaksaan Agung harus tetap menunggu angka pasti setelah diumumkan KemenpanRB.

SUMBER:
https://wartakota.tribunnews.com/2021/05/13/buka-banyak-formasi-jaksa-di-cpns-2021-ternyata-kejakaaan-agung-kekurangan-11185-jaksa?page=all

Posting Komentar untuk "Kejaksaaan Agung Kekurangan 11.185 Jaksa, Buka Banyak Formasi CPNS 2021"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online