Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebanyak 18.800 Bank Soal TKD CPNS Untuk Seleksi CPNS 2016 Telah Disiapkan

. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, naskah soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2016 yang telah disusun sebanyak 18.820 soal. Soal ini terdiri dari 4.817 butir tes karakteristik pribadi (TKP), 8.001 butir tes intelegensia umum (TIU) dan 6.002 soal tes wawasan kebangsaan (TWK). Naskah ini dibedakan dua jenjang sekolah menengah atas sampai diploma tiga dan jenjang diploma 4, S1 dan S3.

tes cpns 2015

"Ada 18.820 soal TKD cpns dan itu jika mau mencari bocoran soalnya akan susah. Jadi meski soal itu dalam berbentuk CD yang tipis tapi manfaatnya akan sangat besar sekali," katanya saat penyerahan TKD dari Kemendikbud ke Kemenpan dan RB di Kantor Kemendikbud kemarin.

Pengagas Indonesia Mengajar ini menjelaskan, soal cpns itu disusun secara keroyokan. Mulai dari Biro Kepegawaian, Sekjen Kemendikbud, Pusat Penilaian Pendidikan dan juga Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Tim juga juga melibatkan tim penulis dan penelaah dari 16 perguruan tinggi negeri. Menurut dia, Kemendikbud berkomitmen penuh dalam mendukung pelaksanaan seleksi pengadaan yang berbasis sistem merit. Salah satu kontribusi nyatanya ialah dengan instrumen Soal CPNS TKD ini.

Anies menerangkan, generasi muda harus didorong untuk tidak membatasi masa depannya hanya menjadi PNS saja. Memang menjadi PNS adalah profesi terhormat, ujarnya, namun masih banyak profesi lain yang tidak kalah terhormatnya. Kedepan yang perlu dijaga adalah mereka yang akan menjadi aparatur negara harus diseleksi dengan baik. Sebab apa yang akan mereka kerjakan nanti adalah membawa nama negara. "Harus yang terbaik yang bisa menjadi PNS. Tidak boleh ada lagi KKN," tegasnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, penyiapan sebanyak 18.820 ini hanya untuk berjaga-jaga saja jika ada instansi yang dianggap mendesak dan perubahan kebijakan untuk dibuka pendaftaran cpns 2016 bagi masyarakat umum. Dia menuturkan, bank soal tkd cpbs  ini akan mempersulit manipulasi soal cpns. Ditambah dengan sistem komputerisasi maka ini nantinya akan semakin kredibel dalam memilih aparat negara.

Dia menuturkan, pemerintah memang sudah mempunyai skenario namun dalam skala terbatas. Yakni hanya untuk guru dan tenaga kesehatan saja. Namun seleksi terbatas ini pun tidak dalam waktu dekat karena masih proses perhitungan. Jika memang ada pembukaan terbatas maka Guru Garis Depan (GGD) dan tenaga dokter dan perawat di puskesmas yang akan diprioritaskan.

Posting Komentar untuk "Sebanyak 18.800 Bank Soal TKD CPNS Untuk Seleksi CPNS 2016 Telah Disiapkan"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online