Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tenaga Honorer K2 Akan Dites Lagi Tahun 2016

Honorer K2. Menteri Pendayagunaan Aparatur Ne‎gara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi memastikan bahwa sebelum diangkat menjadi CPNS 2016, para honorer K2 harus mengikuti tes cpns 2016 lagi.

tes honorer k2 cpns 2015

Tes cpns 2016 ini dilakukan oleh seluruh honorer K2 untuk mendapatkan pemeringkatan alias rangking. Yang rangkingnya teratas akan diangkat duluan. Jadi, masa kerja dan usia tidak menjadi bahan pertimbangan.

"Berdasar UU ASN (Aparatur Sipil Negara), maka kalau ingin menjadi CPNS harus dites dulu. Seleksinya ini dilakukan antara sesama honorer K2 untuk menetapkan perangkingan. Salah saya kalau mengangkat CPNS tanpa melalui seleksi, karena itu bertentangan dengan UU ASN," ujar Yuddy Chrisnandi di kantornya.

Mengenai mekanisme tesnya, Yuddy mengatakan, bisa saja  dengan sistem computer assisted test (CAT) atau tes tertulis dengan model lama, yakni menggunakan lembar jawab komputer (LJK).

Dikatakan, tes cpns online 2016 harus dilakukan agar pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS bisa fair dan adil. Siapa yang menempati rangking atas, maka akan diangkat duluan, disusul rangking berikutnya, secara bertahap selama empat tahun. "Pemerintah harus memilih siapa yang duluan diangkat," ujarnya.

Dia memberi contoh, misal rangking satu sampai 75 ribu akan diangkat tahun cpns 2016. Kemudian rangking 76 ribu hingga 150 ribu diangkat tahun cpns 2017, 151 ribu sampai 225 ribu tahun cpns 2018. Dan pengangkatan terakhir cpns 2019 mulai dari rangking 226 ribu sampai 300 ribuan.

Kok hanya 300 ribuan? Yuddy memprediksi, dari 439.956 honorer K2 cpns, ada sekitar 30 persennya yang bodong. Ini merujuk pada hasil tes cpns 2013, dimana yang lulus tapi mengundurkan diri karena diduga honorer bodong, mencapai 30 persen. Selain karena bodong, juga dalam kurun dua tahun ini, pasti ada honorer yang sudah meninggal atau tidak lagi menjadi honorer.

Alasan lain pentingnya tes cpns 2016 nantinya khusus bagi tenaga honorer k2, lanjutnya, guna menghindari permainan data honorer K2 yang diusulkan instansi pusat dan daerah.

Dia menyarankan, selagi masih ada waktu, para honorer K2 diminta untuk mempersiapkan diri agar nilai tes pada tahun cpns 2016 nantinya bagus dan bisa diangkat pada gelombang pertama. Para honorer dapat mempelajari soal soal tahun lalu, bahkan bisa belajar soal cpns secara online di website www.cpnsonline.com.  "Kalau yang gak mau belajar, ya harus sabar diangkat paling terakhir," ucapnya.

Posting Komentar untuk "Tenaga Honorer K2 Akan Dites Lagi Tahun 2016"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online