Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkab Sukoharjo Ajukan Izin Perekrutan CPNS 2016 Karena Kekurangan 2.500 PNS

CPNS 2016. Pemkab Sukoharjo Ajukan Izin Perekrutan CPNS 2016 Karena Kekurangan 2.500 PNS (Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sukoharjo, Joko Triyono, saat ditemui mengatakan surat permohoan sudah di kirim ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Pengajuan tersebut setelah adanya penundaan pelaksanaan penerimaan cpns 2015.

cpns Pemkab Sukoharjo 2016

“Kami kekurangan guru, tenaga kesehatan, dan staf kantor. Kalau pengajuan kami disetujui, pada cpns 2016 kebutuhan PNS bisa terpenuhi. Kami masih menunggu jawaban dari Kemenpan,” kata Joko.

Dia menginformasikan PNS di Sukoharjo sudah banyak berkurang sejak 2011 silam. Penyebabnya banyak yang pensiun. Namun, Joko belum dapat menunjukkan perincian data PNS yang pensiun setiap tahunnya sejak 2011.

Dia hanya mencontohkan kondisi PNS yang pensiun pada tahun ini. Joko mencatat setidaknya 150 PNS akan pensiun pada 2015 ini. Sedangkan pada 2016, PNS yang pensiun ada 400 orang.

“Saat ini PNS di Sukoharjo ada 10.000-an orang. Dengan asumsi 550 PNS akan pensiun berarti pada 2016, jumlah PNS akan berkurang menjadi 9.400-an orang. Kalau tidak ada penambahan, jumlahnya bisa terus berkurang. Sejak 2011 lalu Sukoharjo belum ada perekrutan karena ada kebijakan moratorium cpns 2015,” imbuh dia.

Joko mengklaim kekurangan jumlah PNS itu tidak mengganggu kerja pemerintahan. Dia telah menginstruksikan kepada para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi agar mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Dia tidak memungkiri ada pimpinan SKPD dan instansi yang merekrut tenaga harian lepas (THL), pegawai honorer, dan sejenisnya untuk menyiasati kurangnya PNS. Perekrutan seperti itu melanggar PP No. 5/2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi PNS.

“Dalam aturan itu SKPD dilarang merekrut THL atau sejenisnya. Tujuannya agar tidak membebani keuangan daerah. Kalau masih banyak yang merekrut itu tanggung jawab masing-masing pimpinan SKPD,” ulas Joko.

Pengisian kekurangan tersebut diharapkan dapat dipenuhi pada penerimaan cpns 2016, cpns 2017, cpns 2018, cpns 2019, atau hingga penerimaan cpns 2020. Secara terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi, mengatakan perekrutan PNS tidak masalah asal melalui analisis yang benar. “Kalau saya lihat memang banyak guru berstatus PNS yang pensiun. Kalau memang dirasa perlu ditambah saya kira enggak masalah Pemkab akan membuka perekrutan CPNS 2016 jalur umum. Tentunya dengan izin Kemenpan RB,” kata politikus PDIP itu.

Posting Komentar untuk "Pemkab Sukoharjo Ajukan Izin Perekrutan CPNS 2016 Karena Kekurangan 2.500 PNS"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online