Panduan Pendaftaran Registrasi Akun SSCN bagi Pelamar CPNS 2018

CPNS.INFO - . Tim CPNS.INFO kali ini akan mengabarkan informasi dgn judul Panduan Pendaftaran Registrasi Akun SSCN bagi Pelamar CPNS 2018. Semoga bermanfaat bagi masyarakat umum yang berminat untuk mengikuti ini. Perlu Pengunjung ketahui bahwa semua postingan yang berada di blog CPNS.INFO ini didapatkan dari berbagai sumber resmi seperti Kemenpan-RB, BKN, Panselnas CPNS, dan sumber terpercaya lainnya berkaitan informasi dan Seleksi . Bagi pengunjung blog CPNS.INFO ternyata judul postingan Panduan Pendaftaran Registrasi Akun SSCN bagi Pelamar CPNS 2018 belum memenuhi keinginan, silahkan mengetikkan di kotak pencarian di atas judul postingan ini.

Panduan Pendaftaran Registrasi Akun SSCN bagi Pelamar CPNS 2018

CPNS 2018. Mau daftar CPNS 2018? Ini langkah pertama pelamar sebelum mendaftar CPNS sesuai formasi  yang akan diumumkan akhir Juli atau awal Agustus 2018.
Pertama calon pelamar harus punya sebuah akun SSCN.
Bagaimana cara dan syaratnya?
Berikut ini langkah-langkah.

Pembuatan akun dilakukan melalui formulir berikut dengan mencantumkan:
(1) Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon pelamar dan
(2) Nomor Kartu Keluarga ATAU NIK Kepala Keluarga sesuai dengan Kartu Keluarga.

Peserta yang sudah dapat melakukan registrasi akun kemudian dapat menggunakan akunnya untuk melakukan pendaftaran formasi melalui situs https://sscnregistrasi.bkn.go.id. Jika terdapat permasalahan dalam hal verifikasi NIK dan KK, silahkan menghubungi Dinas Kependudukan atau Catatan Sipil di daerah domisili masing.

pendaftaran cpns2018

Waktu Pembukaan CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018 kemungkinan baru bisa diumumkan  akhir Juli atau awal Agustus mendatang. Ini lantaran pemerintah masih  terus melakukan validasi data berapa kebutuhan pegawai yang diajukan pemerintah pusat dan daerah.Karena itulah, maka jumlah total formasi dan kuota CPNS 2018 masih belum diketahui dan akan dibuka secara bersamaan. Demikian dikatakan  Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir.

Adapun formasi CPNS 2018, menurut Mudzakir,  sudah bisa dipastikan akan memprioritaskan tiga sektor. Yang pertama adalah tenaga pendidikan, kedua adalah tenaga kesehatan dan yang terakhir adalah tenaga teknis. "Menyangkut kuota, tentu nanti kembali umumkan secara resmi. Tetapi betul bahwa secara umum seperti yang disampaikan oleh pak Menteri kuotanya itu akan menyangkut tenaga pendidikan , tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis. Tapi rincian detailnya tentu belum bisa kita sampaikan Sekarang, mohon bersabar nanti akan segera kami umumkan," jelasnya.
Mengenai total kuota yang dibutuhkan untuk mengisi tenaga kesehatan, Mudzakir menyebut akan dibuka cukup banyak formasi. Hal tersebut seiring meningkatnya jumlah rumah sakit, klinik dan puskesmas yang ada di Indonesia. "Ini kan data-data pemerintah yang disampaikan formasi kan diajukan secara top up dari daerah ke Kementerian melalui sistem e-formasi nanti diolah dengan berbagai pertimbangan. Nah ada beberapa hal hal yang perlu diperhatikan nantinya akan muncul angka-angka itu," kata Mudzakir.

Mudazkir menyebut jika data yang diajukan oleh Kementerian Kesehatan sudah dia dapatkan. Saat ini data tersebut masih terus diolah sebelum akhirnya benar-benar di publish ke publik. "Kemenkes sudah menyampaikan, dengan berbagi pertimbangan kan itu ada analisis struktur organisasinya, beban kerjanya , tenaga yang ada, tenaga yang dibutuhkan tentu mereka sudah menyampaikan," tegasnya.
Sebelumnya, BKN merilis tata cara dan mekanisme pendaftaran CPNS 2018, Senin (16/7/2018.
Tata cara dan mekanisme pendaftaran CPNS 2018 ini diposting di akun resmi BKN. Para calon pelamar CPNS 2018 wajib baca. Deputi Sistem Informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Iwan Hermanto, berharap para peserta membaca baik-baik informasi ini.
Sehingga meminimalisir kesalahan saat mengupload yang dibutuhkan saat pendaftaran nanti. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah selesai menggelar Rapat  Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Rabu (11/7/2018) lalu.

Pada rapat tersebut, Iwan Hermanto selaku Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, juga memaparkan mengenai Mekanisme Seleksi CPNS Terintegrasi. Melalui sistem terintegrasi ini, seluruh proses seleksi CPNS 2018 akan dilakukan melalui satu link yaitu SSCN.
Itu berarti calon peserta CPNS 2018 hanya dapat mendaftar melalui link sscn.bkn.go.id. Link tersebut akan diintegrasikan dengan berbagai link instansi perdaerah yang akan membukan lowongan CPNS.
Selain menjelaskan mengenai sistem integrasi, Iwan juga memaparkan proses pendaftaran yang harus dilakukan oleh calon peserta. Dirangkum tribun-timur.com, berikut cara mendaftar penerimaan CPNS 2018 melalui link SSCN:
1. Melakukan log in menggunakan NIK
Pada tahap awal, calon peserta CPNS 2018 diwajibkan untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK wajib dicantumkan saat calon peserta hendak melakukan log in di laman sscn.bkn.go.id Sistem akan mengecek kevalidan NIK calon peserta.

2. Mendapatkan bukti daftar akun
Untuk calon peserta yang telah dinyataman valid akan mendapat bukti daftar akun. Bukti daftar akun digunakan untuk mendaftar posisi yang akan dilamar di instansi yang bersangkutan. Calon peserta tetap melakukan pendaftaran melalui link SSCN.

3. Menyertakan dokumen berupa pdf
Calon peserta wajib mengunggah dokumen menggunakan format pdf. Menurut Iwan dokumen yang kemungkinan perlu dipersiapkan yaitu ijazah, surat lamaran dan KTP.

4. Cetak kartu peserta
Setelah semua berkas terverifikasi oleh sistem, instansi dapat mencetak kartu peserta. Calon peserta pun akan mendapatkan kartu peserta untuk melaksanakan ujian. Kartu tersebut dapat disimpan dalam penypanan ponsel mauoun dicetak untuk dibawa saat akan melaksanakan ujian.


Kapan Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018
Oh yah, yang tak kalah penting adalah kapan pengumuman pendaftaran CPNS 2018? Pengumuman pendaftaran akan disampaikan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Pekan lalu, Menteri PAN RB, Asman Abrar, memastikan pengumuman pendaftaran CPNS 2018 paling telat akhir Juli 2018 ini. Pengumuman disampaikan melalui website resmi Kemenpan RB, www.menpan.go.id. Setelah pengumuman pendaftaran CPNS 2018, pelamar mendaftr di website Badan Kepegawaian Negara BKN di: http://sscn.bkn.go.id So, para peminat CPNS wajib memantau terus dua website berikut:
1. www.kemenpan.go.id
2. sscn.bkn.go.id

Bagi masyarakat yang berminat mengikusi seleksi cpns 2018, dianjurkan selain persiapan dokumen-dokumen persyaratan cpns agar sesegera mungkin untuk persiapan memperlajari soal cat cpns 2018, direkomendasikan mempelajarinya di website latihan cat cpns yang terpercaya baik secara online seperti http://www.cpnsonline.com atau dapat melalui buku-buku terkait cpns.

Sumber:
http://lampung.tribunnews.com/2018/07/22/pendaftaran-cpns-2018-panduan-registrasi-akun-sscn-bagi-pelamar-cpns-2018?page=all

PENTING!!!
Persiapkan diri Anda dalam mengikuti seleksi cpns 2018
Dapatkan materi resmi SKD dan SKB CPNS 2018 serta ikuti latihan tryout cat cpns 2018
Pendaftaran member cpnsonline silahkan klik ini PENDAFTARAN CPNSONLINE


DISCLAIMER

1. CPNS.INFO merupakan Portal Kumpulan Berita CPNS dari berbagai media baik cetak maupun online seperti Kemenpan-RB, BKN, Panselnas CPNS, dan Media terpercaya lainnya.
2. Semua Informasi berita dalam portal cpns.info merujuk pada sumber informasi media yang dituliskan linknya pada setiap akhir posting.
3. Portal CPNS.INFO ini bukan milik pemerintah, Kehadiran CPNS.INFO merupakan bagian partisipasi masyarakat dalam rangka pelaksanan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat luas terkait informasi cpns (UU 14/2008).
4. Pengelola CPNS.INFO tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan informasi yang terdapat didalam portal CPNS.INFO ini oleh pihak lain baik sebagian atau seluruhnya.

0 Response to "Panduan Pendaftaran Registrasi Akun SSCN bagi Pelamar CPNS 2018"

Posting Komentar