Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Rincian Formasi CPNS 2016

Formasi cpns 2016. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) membuka lowongan 81 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2016. Menteri PAN RB, Yuddy Chrisnandi mengatakan, perekrutan CPNS ini ditujukan untuk bidang-bidang tertentu, seperti tenaga kesehatan, pendidikan, ahli teknologi hingga tenaga lapas (lembaga pemasyarakatan).
CPNS-2016
Diungkapkan Yuddy, formasi kebutuhan CPNS yang disodorkan Kementerian/Lembaga mencapai 150 ribu orang. Namun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanya menyanggupi 81 ribu orang untuk jatah penerimaan CPNS 2016 karena berbagai alasan.
"PNS yang pensiun tahun ini total 120 ribu orang. Kemudian kebutuhan dari seluruh instansi mencapai 150 ribu orang. Tapi maksimum yang disetujui dariKemenkeu penerimaan PNS 81 ribu orang, jadi tidak dipenuhi semua karena alasan moratorium, keterbatasan anggaran, dan hanya untuk program prioritas Nawa Cita," ujarYuddy diJakarta, seperti ditulis Jumat (27/5/2016).
Yuddy merinci, pemerintah mengutamakan penerimaan CPNS bagi putra putri terbaik di sekolah ikatan dinas pemerintah sebanyak 11 ribu orang. Selanjutnya kebutuhan penerimaan CPNS di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, bidan mencapai 43 ribu orang.
Selanjutnya untuk penerimaan CPNS guru yang menyandang gelar Sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan) mencapai 3.000 orang, serta pengangkatan guru honorer menjadi PNS di garis depan sekitar 2.000 orang. Kriterianya untuk pengangkatan PNS bagi guru honorer adalah memenuhi syarat administratif yang ada di undang-undang dan berada di pulau terkecil dan terluar.
"Guru sedang diinventarisir kebutuhannya untuk daerah tertinggal, daerah pedalaman, pulau-pulau terluar dan terdepan yang masih kosong. Karena data dari Kemendikbud, terjadi surplus guru lebih dari 125 ribu, tapi distribusi tidak merata. Jadi masih ada kekosongan di beberapa daerah," jelas Yuddy.
Sementara sisanya 22 ribu kursi penerimaan CPNS, sambungnya, akan dibagi-bagi untuk instansi atau bidang yang sangat membutuhkan, seperti LIPI, BATAN, penyuluh pertanian. Dia mengatakan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman sudah meminta 18 ribu orang, serta Kementerian Hukum dan HAM yang meminta jatah 21 ribu orang.
"Kita juga kekurangan petugas lapas, sedikit sekali dari kebutuhan orang di penjara 200 ribu, tapi kapasitas 95 ribu lebih, jadi overload. Di satu penjara, petugasnya hanya 18 orang mengawasi 1.500 tahanan. Kemkumham sudah ajukan 21 ribu petugas, tapi mungkin kita penuhi separuhnya, termasuk untuk penyuluh pertanian," terangnya.
Sebanyak 22 ribu jatah penerimaan CPNS 2016 itu, diakui Yuddy, termasuk untuk kuota pelamar umum untuk semua bidang. Namun prioritasnya untuk CPNS di bidang-bidang studi yang selaras dengan program Nawa Cita, diantaranya ahli pengairan, ahli pertanian, ahli tata kota, ahli konstruksi, ahli maritim, dan lainnya.
"Untuk pelamar umum, kita akan buka perekrutan CPNS sekitar 10 ribu orang, termasuk di dalamnya untuk penerimaan mahasiswa berprestasi yang mendapat jatah 10 persen dari kuota pelamar umum," Yuddy menjelaskan.
Dia berharap, proses rekrutmen CPNS bisa dilakukan pada Agustus 2016, setelah di bulan sebelumnya mulai diumumkan pembukaan seleksi CPNS 2016. "Jadi nanti di akhir tahun, tepatnya Oktober atau November sudah tahapan diterima," kata Yuddy.
SP:
http://bisnis.liputan6.com/read/2517081/lowongan-cpns-untuk-dokter-guru-sampai-sipir-cek-rinciannya

2 komentar untuk "Inilah Rincian Formasi CPNS 2016"

  1. Tahun ini kira-kira berapa quota pns di terima ?

    Inilah Jadwal Pendaftaran CPNS 2016 http://news.rakyatku.com/read/6650/2016/05/27/inilah-jadwal-pendaftaran-cpns-2016

    BalasHapus
  2. Harapan masyarakat adalah rekutmen cpns diratakan secara umum dan bersih tanpa kkndan jangan mengutamaktrimakasihan Perti yang terakreditasi a, saja yang diutamakan ..kami mengharapkan jangan permasalahkan asal usul perti itu akan menganak tirikan perti pada umumnya .

    BalasHapus

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online