Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kisi-kisi Soal CPNS 2014 Sistem CAT CPNS

Tes seleks Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya lantaran menggunakan system computer assisted test (CAT). Tes ini terdiri dari tes kompetensi dasar (TKD) seperti yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengenai tata cara seleksi CPNS 2014.

Materi TKD sendiri terdiri dari tiga kelompok soal. Dimana soal CPNS 2014 ini disusun oleh konsorsium 17 perguruan tinggi negeri (PTN), yang harus dijawab calon pelamar dengan benar, dan seperi apa jenis soal dari TKD tahun ini simak berikut ini.

Kisi-Kisi Soal CPNS 2014

Untuk kelompok soal pertama, peserta akan diuji wawasan kebangsaannya. Ini meliputi 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. “Kalau sudah lupa, harus belajar lagi. Kalau tidak hafal, jangan harap bisa lulus. Karena ini hal paling dasar,” ujar Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi.

Berbeda dengan kelompok soal pertama, kelompok soal kedua merupakan karakteristik pribadi. Soal-soal ini akan berisi soal psikologis yang akan menggambarkan karakteristik masing-masing pelamar. Ini meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, dan lainnya.

Adapun kelompok soal ketiga adalah soal-soal yang akan menguji kecerdasan atau intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal atau berbahasa, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Suwardi melanjutkan, dari ketiga soal tersebut telah ditetapkan ambang batas (passing grade) kelulusan. Bukan sekadar akumulasi atau jumlah keseluruhan nilai yang menentukan kelulusan, tetapi hasil tes dimaksud juga harus memenuhi ambang batas setiap kelompok soal, yakni karakteristik pribadi, wawasan kebangsaan, dan intelegensia umum. “Meski nilai totalnya tinggi, kalau nilai salah satu kelompok soal tidak mencapai angka yang ditetapkan, tetap saja tidak lulus,” pungkas dia.

Pendaftaran CPNS 2014 sendiri baru akan dibuka mulai 29 Agustus nanti. Tiap calon pelamar dapat melihat langsung informasi posisi yang dibutuhkan dan melakukan pendaftaran pada situs resmi milik Panselnas.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

Posting Komentar untuk "Inilah Kisi-kisi Soal CPNS 2014 Sistem CAT CPNS"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online