Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas Terbujuk Calo CPNS Baru

 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) menghimbau masyarakat menghindari praktek percaloan saat tes CPNS 2014 bulan depan. Mereka juga menegaskan bahwa tes CPNS gratis, tanpa ada pungutan biaya apapun.
Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, calon CPNS ini biasanya bekerja sendiri dan murni penipuan. Selain itu, modus lain para calon CPNS itu adalah mengaku kenal dengan oknum instansi yang akan dilamar calon korban.
“Hati-hati, jangan tebujuk calo. Kami melaksanakan tes CPNS 2014 secara transparan tidak ada titip-titipan lagi,” papar Herman kemarin. Dia mengatakan dalam operasinya, para calo CPNS itu mengiming-imingi bisa meloloskan menjadi abdi negara tetapi dengan ongkos tertentu.

Rata-rata untuk bisa menjadi CPNS, para calo memasang lebih dari Rp 100 juta. Sedangkan untuk menjadi pegawai honorer, biayanya kurang dari Rp 100 juta.
Herman menegaskan tidak ada ruang lagi bagi oknum pegawai instansi maupun pihak lain untuk melobi panitia tes supaya mendapatkan jatah. “Seleksi CPNS sekarang dilaksanakan secara transparan, objektif, dan kompetitif serta bebas KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme, red),” jelas dia.
Dia juga menjelaskan bahwa tes CPNS saat ini lebih banyak dilakukan secara online. Mulai dari fase pendaftaran yang dilakukan secara online. Kemudian tes tulis yang biasanya dipakai, sudah diganti dengan tes model CAT (computer assisted test).
Kalau ada calo yang meminta uang ketika korban sudah lulus ujian, Herman juga mengatakan jangan diladeni. Sebab kelulusan itu murni karena kemampuan pribadi, bukan atas bantuan orang lain.
Selain urusan calo, Herman mengatakan masyarakat tidak dibebani biaya pendaftaran dan tes CPNS. Dia mengatakan masih ada laporan instansi yang menarik pungutan selama masa penerimaan CPNS baru.

Modusnya untuk biaya administrasi atau ibiaya operasional lainnya. Herman menjelaskan bahwa segala biaya administrasi maupun operasional tes CPNS sudah dialokasikan di APBN maupun APBD kabupaten dan provinsi.
Herman berharap saat ini masyarakat lebih fokus untuk mempersiapkan diri jelang dibukanya pendaftaran tes CPNS baru. Rencananya pendaftaran tes CPNS ini dibuka pekan ketiga Juli nanti. Kuota yang disiapkan adalah 65 ribu lowongan untuk CPNS dan 35 ribu lowongan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) alias pegawai kontrak.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

Posting Komentar untuk "Awas Terbujuk Calo CPNS Baru"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online