Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahun Ini, Empat Daerah Terima CPNS

Sejumlah daerah di provinsi Jambi tahun ini menyatakan siap menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).  Mereka membutuhkan banyak formasi, diantaranya formasi guru, tenaga kesehatan serta tenaga teknis. Diantaranya, kabupaten Batanghari yang menurut rencana tahun ini sudah mengajukan 1200 formasi. Hanya saja, plt Bupati Batanghari, Sinwan tidak berani memastikan ada tidaknya penerimaan tersebut. Soalnya, sampai sekarang belum turun persetujuan formasi yang diajukan tersebut.
“Jika formasi yang disetujui tidak sesuai kebutuhan dan jauh dari yang kita harapkan, kemungkinan besar penerimaan CPNS (tahun 2014, red) kembali ditiadakan,” kata Plt Bupati Batanghari, Sinwan.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari, Ali Redho, menambahkan jumlah formasi yang disetujui baru bisa diketahui sekitar bulan Juni atau Juli. “Yang jelas semua persyaratan yang diminta sudah kita penuhi,” ujarnya.

Seperti diketahui, tahun lalu Pemkab Batanghari ini sempat menolak menerima CPNS. Karena formasi yang disetujui tidak sesuai permintaan.

Kemudian, daerah lain yang dinyatakan siap menerima CPNS yakni pemerintah kota Sungaipenuh.

Pemerintah Kota (Pemkot) Sungaipenuh tahun 2014 ini masih
membuka tes CPNS jalur umum. BKD Kota Sungaipenuh bahkan sudah
mengusulkan 1.136 orang formasi CPNS.

Sekretaris BKD Kota Sungaipenuh, Sutrisno mengatakan, jika formasi
CPNS yang diajukan disetujui Kemenpan dan BKN, maka tahun 2014 ini
Pemkot Sungaipenuh kembali membuka tes CPNS jalur umum. “Formasi yang kita ajukan 1.136, tapi belum disetujui,” ujarnya.
Formasi yang diajukan paling banyak adalah untuk tenaga teknis. “Guru
dan sarjana komputer juga masih kurang,” ungkapnya.
Pemkot Sungaipenuh masih membuka tes CPNS, karena masih kekurangan
pegawai. Saat ini rasio eselon IV dengan jumlah staf 1,7, sedangkan
idealnya 1 pejabat eselon IV dua orang staf. “Jadi, kita masih kekurangan, belanja pegawai kita juga masih rendah,” jelasnya.
Diperkirakan tes CPNS tahun 2014 ini dilaksanakan bulan Juni atau Juli
2014. Sementara sitem tes akan menggunakan sistem CAT atau komputer. Untuk itu pihaknya sudah mengganggarkan dana di APBD 2014 untuk tes CPNS dengan sistem CAT. Pihaknya akan menyewa komputer dengan pihak ketiga. “Servernya kita datangkan dari pusat,” ungkapnya.
Karena menggunakan sistem CAT pihaknya akan membatasi pelamar.
“Komputer yang disediakan 50 unit, jadi setiap hari ada 5 shift yang
ujian. Kalau pesertanya banyak, bisa lama ujiannya, makanya kita
batasi pesertanya,” tandasnya.
Sementara itu Kabupaten Kerinci tahun ini tidak menerima CPNS. Hal ini
dikarenakan BKD Kerinci tidak mengusulkan formasi CPNS untuk tahun 2014, bahkan anggaran untuk tes CPNS juga tidak dianggarkan di APBD
2014. “Kita tidak membuka lowongan CPNS tahun 2014,” ujar Sahril Hayadi, Peltu Kepala BKD Kerinci.

Untuk kabupaten Sarolangun sendiri seperti yang disampaikan Sekda Sarolangun, Thabroni Rozali, sampai saat ini masih menunggu keputusan Bupati.   “Kalau bupati bilang akan terima CPNS, yang kita terima, Jika bupati bilang tidak, terpaksa sarolangun tidak ada penerimaan CPNS tahun ini. Kita tunggu saja keputusan bupati,” kata Thabroni.
Thabroni mengatakan, untuk pelamar dan formasi juga belum bisa dijelaskan, karena sarolangun belum memastikan apakah akan menerima CPNS.

“Yang jelasnya kita masih kekuranngan pegawai,pegawai kita sekarang berkisar lima ribu,sedangkan kebutuhan kita hampir enam ribu lebih, sebab kebutuhan masih banyak, seperti kebutuhan guru guru dipedesaan, kita tunggu saja keputusan Bupati,” ungkap Thabroni.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

Posting Komentar untuk "Tahun Ini, Empat Daerah Terima CPNS"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online