Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebanyak 5 Ribu Lowongan CPNS Lintas Ilmu

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mengalokasikan 5 ribu kursi untuk pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) lintas disiplin ilmu. Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman menuturkan, total alokasi kursi CPNS baru tahun ini mencapai 100 ribu kursi. Alokasi tersebut tersebar di instansi pusat maupun daerah. Nah, dari total kuota itu, 5 ribu kursi (5 persen) disiapkan untuk pelamar lintas disiplin ilmu.

Herman menyatakan, selama ini belum pernah ada kursi CPNS baru yang boleh diisi pelamar yang berbeda disiplin ilmu. ’’Pengisian kursi CPNS selama ini kaku dan hanya melihat disiplin ilmu yang tertera di ijazah pelamar,’’ ujarnya.Dia mengungkapkan, pembukaan kuota CPNS baru untuk pelamar dari berbagai disiplin ilmu itu merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi. Menurut dia, upaya tersebut mengadopsi sistem seleksi badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha swasta.
Herman mencontohkan jabatan di bank-bank swasta yang banyak diisi sarjana dari IPB (Institut Pertanian Bogor). ’’Di IPB tentu tidak ada kuliah jurusan perbankan,’’ katanya. Tetapi, dengan kualitas keilmuan yang tinggi, alumni yang lintas disiplin ilmu itu sukses didudukkan di posisi apa saja. ’’Kami mencontoh itu,’’ lanjut dia.
Sumber daya unggul seperti itu sangat sayang jika tidak direkrut untuk duduk membenahi birokrasi pemerintahan. Herman berharap seluruh sarjana dari berbagai disiplin ilmu, khususnya yang selama ini formasi CPNS-nya jarang ada, bersiap-siap menyambut tes CPNS 2014 beberapa bulan lagi.
Skemanya, kuota 5 ribu kursi untuk pelamar lintas disiplin ilmu itu bakal disebar ke instansi pusat dan daerah. Mereka nanti ditempatkan sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Jadi, saat mereka mendaftar, formasi pekerjaannya belum bisa diketahui.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

Posting Komentar untuk "Sebanyak 5 Ribu Lowongan CPNS Lintas Ilmu"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online