Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Hancur Jika Aparat Tak Punya Idealisme

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan sebuah negara akan menjadi baik jika aparatur pemerintahannya baik. Hal ini disampaikan SBY saat upacara pelantikan pamong praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXI di Lapangan Parade Abdi Praja IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin, 16 Juni 2014.

“Sebaliknya negara akan jatuh ke lembah sejarah jika aparatur pemerintahannya tidak memiliki idealisme dan integritas untuk membangun serta memajukan bangsanya,” kata SBY. Karena itu, SBY berharap para pamong praja muda memberikan kerja dan pengabdian terbaik dalam berkarier di jajaran pemerintahan.

“Di pundak kalian tergantung harapan rakyat akan hadirnya sosok aparatur pemerintah yang jujur, amanah, profesional, dan berwibawa,” ujar mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan ini.

SBY mengatakan sejak 1998 Indonesia mengalami perubahan melalui era Reformasi yang membawa masyarakat menjadi semakin kritis dan terbuka. “Menghadapi semuanya itu, tidak ada pilihan lain kecuali kita harus terus memperbaiki diri,” ujarnya di hadapan para pamong praja muda.

Selain itu, SBY menambahkan, aparat pemerintahan juga harus memperbaiki tata cara dalam menyelenggarakan pemerintahan dan menunjukkan kepada rakyat bahwa mereka bekerja sungguh-sungguh dalam melaksanakan asas-asas pemerintahan yang baik.

Menurut dia, prinsip paling utama yang mesti dipegang teguh aparat pemerintahan adalah setiap kebijakan yang ditempuh harus mempertimbangkan asas manfaat bagi kepentingan rakyat. “Kita dituntut untuk bersikap arif dan bijaksana, bersedia mendengar, dan bersedia untuk berdialog dengan hati terbuka.”

SBY mengatakan ketika ada kebijakan yang sifatnya kompleks dan terkait dengan kepentingan masyarakat luas, maka aparat pemerintahan mesti melakukan sosialisasi terlebih dulu agar masyarakat mengerti seluk-beluk kebijakan yang ingin diterapkan.

“Jika hal-hal yang saya kemukakan tadi dapat dilaksanakan dengan baik, saya yakin kita akan mempunyai jajaran aparatur pemerintahan dengan birokrasi yang andal,” ucapnya.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

Posting Komentar untuk "Negara Hancur Jika Aparat Tak Punya Idealisme"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online