Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lowongan CPNS bulan Juni di Menpan, 5% Formasinya Dibuka

Bulan Juni ini, seperti dilansir dari laman daring resmi Menpan.go.id, agaknya kan menjadi kabar menggembirakan bagi  sarjana dan diploma karena tahun 2014 ini,  Pemerintah berencana membuka formasi CPNS  untuk semua jurusan.

Latar belakang kebijakan ini untuk memberikan kesempatan pada para sarjana yang jurusannya tidak ada dalam formasi yang telah ditetapkan untuk mengisi jabatan tertentu. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengungkapkan sumber inspirasi dari kebijakan ini adalah dari pegawai bank-bank BUMN yang menerima pegawai dari semua jurusan asal sesuai dengan kriteria Bank tersebut.

“Bahkan ada seorang sarjana Teknik Nuklir yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama sebuah bank BUMN, dan ternyata sukses,” ujarnya di sela-sela kuliah umum di Institut  Teknologi Bandung (ITB), di Bandung.

Azwar menambahkan, beberapa bank besar seperti City Bank, Bank Mandiri, Bank BNI menerima pegawai dari semua jurusan, baik teknik, manajemen, ekonomi, akuntansi, sastra, pertanian, dan kehutanan. Kuncinya adalah pelatihan yang intensif di dalam. Setelah diterima, mereka dilatih terus menerus, dan ternyata banyak yang berhasil. “Kenapa kita tidak buat seperti itu,” imbuh Azwar.

Alasan lainnya, Azwar memahami bahwa dalam rekrutmen CPNS akhir-akhir ini, terdapat beberapa jurusan yang tidak ada formasinya. Oleh karena itu, dalam rekrutmen CPNS dan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada umumnya, tetap ada formasi untuk jabatan fungsional tertentu dan akan dibuka formasi untuk semua jurusan.

“Jumlahnya tidak banyak, maksimal lima persen dari formasi. Jangan sampai mereka bilang, lulusan ini kok tidak ada formasinya,” ujarnya.

Rencananya, sekitar pertengah Juni ini pemerintah akan menetapkan  formasi ASN dari masing-masing instansi pemerintah, untuk selanjutnya lowongannya diumumkan.

“Pelaksanaan pendaftaran dan test kompetensi dasar mudah-mudahan bisa dimulai pertengahan Juli, setelah pemilihan presiden,” tambah Menteri.

Download Soal CPNS 2014, klik ini Soal CPNS 2014

Posting Komentar untuk "Lowongan CPNS bulan Juni di Menpan, 5% Formasinya Dibuka"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online