Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemprov Usulkan 2.149 CPNS 2014

Pemprov Sumbar akan mengusulkan formasi CPNS2014 sebanyak 2.149 orang ke ke Menteri Aparatur NegaraReformasi Birokrasi (Men PAN RB),hariini.Pengajuanformasi sesuai kebutuhan karena banyaknya PNS yang pension, serta dampak diberlakukannya kebijakan moratarium PNS beberapa tahun lalu.

KepalaBadan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Jayadisman mengatakan, usulan formasi CPNS 2014 tersebut akan diusulkan ke Kemen PAN RB.

Dirinya juga akan menjemputNomor Induk Pegawai (NIP) CPNS dari pelamar umum ke kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RegionalPekanbaru.

Iamengatakan, tahuninipemerintah telah memberikan kesempatan bagi daerah yang masih kekurangan PNS, untuk mengajukan permohonannya. Namun, keputusan berapa formasi yang disetujui tergantung Kemen PAN-RB. “Prinsipnya kami mengajukan usulan, dikabulkan atau tidak usulan kami, tergantung Kemen PAN-RB,” ujarnya, Sabtu (8/3).

Jayadisman mengungkapkan dari 2.149 formasi yang diusulkan, prioritas jabatanfungsional tertentu (JFT) 80 persen dan jabatan fungsional umum (JFU) 20 persen. “Itu total formasi yang kami usulkan untuk penerimaan CPNS tahun ini,” ucapnya.

Tahun lalu, Sumbar mendapatkan formasiCPNS sebanyak 193 formasi CPNS. Namun, dari angka itu, tak seluruh formasi terpenuhi. Sedikitnya, 45 formasi dari193 formasitidak terisi. Hal itu akibat tidak adanya peserta ujian CPNS yang memenuhi standar nilai kelulusan atau passing grade yang telah ditetapkan Kemen PAN-RB.

Di antaraformasi yang tidak terisi penuh dan nihil adalah guru sentralistik, guru tataboga, perawat dan perawat anestasi, dan lainnya.Dengan tidak adanya peserta CPNSmemenuhi standar nilai aman batas tersebut, maka tidak ada pengisianterhadap formasi itu. “Ya kita, tak bisa berbuat apa-apa. Ini sudah ketentuan pusat. Menurut pusat, formasi Sumbar yang tidak terisi tahun lalu menjadi tabungan Sumbar untuk pengajuan formasi padatahun berikutnya,” ujarnya.

Prioritas JFT

Sebelumnya, Deputi SDM Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmajamenuturkan, tahun ini pemerintah merekrut 100 ribu orang. Dari angka itu, sebanyak 35 ribukuotapusat, CPNSsebanyak 20 ribu dan dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)15 ribu orang. Sedangkan, formasi daerah 40 ribu orang dan 25 ribu merupakan PPPK.

Untuk penentuan formasi ada beberapa yang jadi pertimbangan, yaknianalisa jabatan (anjab), rasio belanja pegawai saat ini. Penentuan formasi juga harus memperhitungkan rasio ASN terhadap jumlahpenduduk, luas wilayah, batas usia pensiun sertarasio jabatan fungsional tertentu.”Kebijakan umumformasi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun2014 ini denganpertumbuhanzero growth secara nasional. Artinya, alokasi formasi nasional sama dengan jumlah PNS yang pensiun,”ujarnya.

Soal prioritas pengangkatan CPNS, menurut Setiawan akandifokuskanpada JFT. “Jabatan fungsional akan kita prioritaskan tahun ini karena tahun lalu banyak formasi yang kosong,” kata Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta, Jumat (7/3).

Adapun JFT yang akan diprioritaskan antara lain dokter umum/spesialis, dosen, auditor, teknisi komunikasi dan navigasi penerbangan, inspektur navigasi penerbangan, pamong budaya, perancang perundang-undangan, pengendali ekosistem hutan, guru SMA dan SMK, penyuluh, apoteker, serta perencana pembangunan. (*)

Posting Komentar untuk "Pemprov Usulkan 2.149 CPNS 2014"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online