Tak Lulus Prajabatan, CPNS Bisa Gagal PNS

Status CPNS yang disandang belum menjadi penentu seseorang menjadi PNS. Bahkan CPNS yang sudah mengikuti prajabatan pun tidak otomatis menjadi pegawai negeri.

Sebab, di dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN), disebutkan, CPNS bisa dibatalkan kelulusannya bila tidak lulus prajabatan.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun ini CPNS yang sudah masuk prajabatan belum tentu langsung PNS. Masih ada serangkaian penilaian lagi,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPANRB) Eko Prasojo di kantornya, Senin (10/3).

Penilaian ini, lanjutnya, berlangsung selama setahun terhitung sejak seorang CPNS mengikuti prajabatan. Penilaian tersebut di antaranya menyangkut integritas, intelegensia, loyalitas, kedisiplinan, dan lain-lain.

“Prajabatan merupakan titik awal dari penilaian kinerja seorang CPNS. Bila dalam setahun CPNS-nya tidak sesuai standar yang ditetapkan, maka yang bersangkutan tidak akan menjadi PNS,” tegasnya.

Di dalam UU ASN disebutkan, lima persen dari jam kerja dihitung dari diklat termasuk prajabatan. Berdasarkan UU ASN juga, seseorang tidak bisa lulus CPNS bila tidak berhasil dalam prajabatan. (esy/jpnn)

1 komentar untuk "Tak Lulus Prajabatan, CPNS Bisa Gagal PNS"

  1. hai teman2 maaf menggagu watu dn aktipitas anda
    cuma sekedar ingin membagi nasib saya selaku guru honor di sekolah dasar lamongan jawa timur saya sudah 5 kali ikut ujian tes cpns tapi selalu gagal saya sudah mengabdi 12 THN dn saya hampir putus asa kebetulang saya bertemu dengan teman yg sudah jadi PNS dn saya ceritakakan soal kegagalan saya dn ruapaya dia juaga hampir sama seperti saya dia lulus karna di bantu oleh Bpk.BIMA HARIA WIBISANA selakuh kepala BKN pusat Jakarta dn teman saya memberikan nomor TLP beliau sayapun coba memhungi dn beliau mminta mengirimkan berkas saya
    lewat Email BKN 2 bulan kemudian Allahamduh lillah saya sudah di nyatakan lulus dn SK saya sudah bisa keluar THN ini,nah bagi teman2
    yg gagal tes cpns coba minta bantuan ke pada bpk.HARIA WIBISANA No.TLP
    beliau 082194277787 mungkin masi bisa membantu anda wa,salam semoga sukses....

    BalasHapus

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns 2021, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS Tahun 2021,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online