Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siaran Pers BKN: Tiga Kesalahan Besar Pelamar CPNS 2017, Pelajari dan Antisipasi Jelang Pembukaan CPNS 2018

CPNS 2018. Terkait dengan pendaftaran CPNS 2018, hingga Sabtu (30/06), tanggal resmi pendaftaran CPNS 2018 memang masih belum diketahui. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) masih terus berbenah mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 dengan menggelar rapat koordinasi, Senin (25/06/2018)Rapat ini membahas permasalahan yang terjadi di CPNS 2017 lalu. Ada tiga permasalahan besar yang terjadi pada seleksi CPNS 2017 lalu.

Melalui siaran pers BKN Nomor 008/RILIS/BKN/VI/2018 tanggal 12 Juni 2018, BKN telah menyampaikan persiapan infrastruktur yang dilakukan untuk pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA) 2018, menjelang pengumuman cpns resmi yang akan dirilis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

siaran press tiga kesalahan 2017

Selanjutnya dalam Siaran Pers ini, BKN selaku koordinator pelaksana seleksi nasional akan memaparkan beberapa kendala yang dihadapi pelamar CPNS TA 2017 dan antisipasi agar permasalahan serupa tidak terjadi. Kendala-kendala tersebut merupakan rekapitulasi Tim Helpdesk CPNS 2017 yang disediakan BKN selama perhelatan CPNS tahun lalu berlangsung. Beberapa permasalahan tersebut di antaranya yakni:

1. NIK atau Nomor KK yang sulit ditemukan

Buat kalian yang ingin mendaftar CPNS 2018, pastikan nomor KTP dan KK sudah terdaftar ya.

Untuk mengetahui apakah NIK dan nomor KK sudah terdaftar atau belum, kalian bisa cek di https://sscn.bkn.go.ig.

Di sana, terdapat update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

2. Salah memasukkan data

Permasalahan ini disebabkan karena pelamar tidak benar-benar memahami fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan tata cara pengisian kolom di dalamnya.

Sehingga, data yang diisikan kerap tidak sesuai dengan apa yang diminta.

3. Salah input dokumen pendaftaran

Kesalahan ini disebabkan oleh para pelamar yang tidak memahami syarat/ kualifikasi dan dokumen yang diminta
Inilah awal terjadinya kesalahan input dokumen persyaratan yang dilakukan para pelamar.

Rata-rata masalahnya mengenai Nomor NIK dan KK yang tidak terdaftar.

Untuk mengantisipasi kejadian ini agar tidak terulang kembali, BKN merilis sebuah video panduan untuk mendaftar CPNS.

Melalui video ini, BKN berharap agar para pelamar benar-benar memahami kualifikasi, syarat dan alur/ mekanismen pendaftaran CPNS dengan baik.

Bagi calon pelamar cpns 2018, dianjurkan selain persiapan dokumen-dokumen persyaratan cpns agar sesegera mungkin untuk persiapan memperlajari soal ujian cat cpns 2018, direkomendasikan mempelajarinya di website latihan cat cpns yang terpercaya baik secara online seperti http://www.cpnsonline.com atau dapat melalui buku-buku terkait cpns.

Selain melakukan persiapan infrastruktur pendaftaran (melalui SSCN), pelaksanaan seleksi administrasi hingga tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT BKN), BKN juga tengah membentuk Tim Helpdesk CPNS TA 2018 untuk mengantisipasi kendala pendaftaran CPNS 2018. Ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah melalui BKN untuk melaksanakan seleksi yang terbuka, transparan, dan kompetitif. BKN juga secara aktif memberikan layanan informasi melalui akun resmi BKN baik lewat media sosial dan website. Informasi resmi perihal pengumuman, pendaftaran, sampai proses seleksi hanya disampaikan melalui akun resmi institusi Pemerintah. Segala informasi rekrutmen CPNS TA 2018 yang tidak bersumber dari akun Pemerintah dipastikan hoax (palsu).

SUMBER:
Siaran pers BKN Nomor 008/RILIS/BKN/VI/2018 tanggal 12 Juni 2018

1 komentar untuk "Siaran Pers BKN: Tiga Kesalahan Besar Pelamar CPNS 2017, Pelajari dan Antisipasi Jelang Pembukaan CPNS 2018"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online