Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sarjana Cum Laude Batal Dijamin Lolos Tes CPNS 2016

CPNS 2016. Lolos tanpa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan cum laude batal terwujud. Para lulusan terbaik ini masih harus tetap mengikuti tes. Sebelumnya, wacana jaminan lolos tes CPNS 2016 bagi lulusan cum laude muncul dari pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi.

CPNS-Lulusan-sarjana-terbaik

Juru Bicara Menteri PANRB, Herman Suryatman mengakui wacana itu memang sempat mengundang pro dan kontra. Tak mau isu makin berkembang, Herman menegaskan penerimaan CPNS 2016 untuk lulusan cum laude tetap mengikuti koridor peraturan perundangan yang berlaku.

"Pak Menpan menegaskan, untuk meningkatkan kualitas dan performa SDM aparatur, beliau memberikan apresiasi kepada para sarjana lulusan cumlaude atau dalam bahasa normatifnya putra/putri lulusan terbaik," katanya.  Sesuai ketentuan yang ada, pola rekrutmen CNPS 2016 menurut Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis pada kualifikasi dan kompetensi.  "Jadi tidak sembarangan, ada proses dan mekanisme yang harus ditempuh. Bukan tanpa tes sama sekali," ujarnya.

Merujuk Peraturan Menteri PANRB Nomor 26 Tahun 2014 tentang Formasi Khusus ASN Kementerian/Lembaga TA 2014, disebutkan formasi untuk putra/putri lulusan terbaik adalah lulusan dari Perguruan Tinggi yang Terakreditasi A dan Program Studi Terakreditasi A, Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta predikat Lulusan Cumlaude/dengan Pujian.

"Kami jamin akan mendapatkan lulusan yang berkualitas dan kompeten," kata Herman.

Selain kriteria objektif di atas, teknis pelaksanaan pengadaan formasi CPNS 2016 untuk lulusan terbaik juga akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Panitia Seleksi Nasional, baik terkait tata cara seleksi maupun persyaratan administratif lainnya.

Secara umum, pelaksanaan pengadaan ASN dari jalur formasi untuk putra/putri lulusan terbaik, sama dengan dari jalur umum. Mereka masih melalui tahap passing grade-nya. Hal yang membedakan hanya pada persyaratan administratif serta kepesertaan seleksi, yakni dikompetisikan sesama lulusan terbaik.

Selain lulusan cum laude, formasi khusus CPNS 2016 ini juga berisi para sarjana mengajar di tempat terdepan, terluar dan tertinggal (SM3T), formasi untuk atlit berprestasi dan pelatih berprestasi, formasi untuk putra/putri papua, serta formasi disabilitas.

2 komentar untuk "Sarjana Cum Laude Batal Dijamin Lolos Tes CPNS 2016"

  1. kalau orang tersebut lulus dengan predikat cum laude atau IP nya tinggi, mestinya dia akan lulus juga jika di test penerimaan PNS...penerimaan ini aneh dan mengada ada ...mestinya test yang dibuat mesti benar benar fair dan bersih dari segala kepentingan KKN...saya dak yakin pasti ada keraguan akan kejujuran dan keseriusan panitia pusat sehingga ada jalur khusus bagi yang pintar....sampai kapanpun kalau cara penerimaan tidak jujur /fair ...upaya ini menjadi sia sia untuk dapatkan PNS yang baik

    BalasHapus
  2. Bersaing secara sehat, bersih dan profesional, mohon di infokan kapan dan situs atau link resminya untuk mendaftar mengingat banyaknya situs tiruan atau bodong yang menyesatkan, terima kasih.

    BalasHapus

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online