Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menpan-RB Rencanakan Tes CPNS Agustus 2015

cpns 2015Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi merencanakan tes CPNS 2015 baik dari pelamar umum maupun honorer kategori dua (K2) digelar Agustus mendatang. Itu sebabnya pemerintah menargetkan penetapan formasi CPNS 2015 pada Juli.
Kemudian pada saat ini, pemerintah tengah menunggu penetapan kuota CPNS 2015 secara nasional untuk kemudian menetapkan jatah masing-masih instansi. Selain itu tetapkan jabatan mana saja yang akan dibuka formasinya, selain layanan dasar, layanan publik, dan nawacita.
“Kalau Pak Menteri menginginkan tes cpns sekitar Agustus, makanya dalam beberapa bulan tersisa ini kami melakukan kerja ekstra agar penetapan formasi bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan Integritas SDM Aparatur KemenPAN-RB Subowo Djoko Widodo di kantornya.
“Kalau Menkeu sudah keluarkan surat persetujuan di bulan ini, kemungkinan Juni sudah bisa dikeluarkan surat edaran kepada seluruh instansi. Setelah itu penetapan formasi akhir Juni sampai Juli. Akhir Juli pengumuman pengadaan dan Agustus dites. Tapi inikan masih tentatif dan bisa berubah,” beber Bowo.
Kalaupun misalnya molor, lanjutnya, pemerintah tetap akan mengejar sebelum Desember. Sebab, batas pengadaan CPNS 2015 adalah akhir tahun.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) masih menggodok e-formasi yang disampaikan sekitar 500 instansi pusat dan daerah.
“Sampai hari ini kami belum mendapatkan informasi berapa instansi yang sudah lengkap data e-formasinya. Saat ini kedeputian SDM Aparatur tengah melakukan penggodokan,” kata Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman.
Meski begitu, Herman memastikan, jadwal seleksi tidak akan bergeser, yakni pada Agustus nanti. Sebab, proses penetapan formasi biasanya tidak memakan waktu panjang bila seluruh persyaratannya terpenuhi.
“Saya belum mendapatkan petunjuk apa-apa dari Pak Menteri, apakah akan mundur atau tidak. Itu berarti, jadwalnya tetap Agustus sesuai harapan beliau,” terangnya.
Tahun ini, KemenPAN-RB mengusulkan kuota CPNS dari pelamar umum dan honorer K2 sebanyak 134 ribu. Hanya saja, kuota tersebut masih menunggu persetujuan Menkeu ini dikarenakan jumlah kuota untuk pengadaan lowongan CPNS memperhatikan anggaran dari negara apakah anggaran belanja negara masih cukup untuk membayar setiap kebutuhan sebagai side effect dari bertambahnya jumlah pegawai negeri sipil dan juga kebutuhan yang diperlukan dalam proses seleksi rekrutmen CPNS.
Jadwal seleksi CPNS yang rencananya akan diumumkan pada bulan Juli mendatang memberikan banyak kepastian bahwa tahun 2015 ini masih dibuka kesempatan bagi warga masyarakat untuk mendaftar menjadi pegawai negeri sipil sehingga dengan kepastian informasi ini yang telah disampaikan oleh pihak Kementerian PAN-RB mereka dapat mempersiapkan lebih dini mengenai hal-hal yang nantinya dibutuhkan dalam proses seleksi rekrutmen CPNS tersebut.
Jadwal seleksi CPNS 2015 yang akan dimulai pada bulan agustus tahun 2015 ini nanti juga akan bertepatan dengan bulan kaum muslim di Indonesia melaksanakan ibadah wajib puasa semoga keberkahan bulan puasa nanti juga memberikan keberkahan bagi para pelamar lowongan CPNS.

Posting Komentar untuk "Menpan-RB Rencanakan Tes CPNS Agustus 2015"

Bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi cpns, persiapkan dengan banyak berlatih soal-soal cat cpns berdasarkan ketentuan resmi terbaru dan mengikuti latihan tryout cat cpns di website cpnsonline.co.id atau lainnya.

INFO PENTING!!!
Persiapkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi CPNS,
dapatkan materi SKD dan SKB CPNS standar resmi terbaru
serta ikuti tryout cat cpns secera Intensif.
Silahkan klik ini PENDAFTARAN

cat cpns online